Kamis, 15 Mei 2008

Aku hari ini, numb

Seharian ini saya mengalami kegagalan kepemimpinan diri. Otak saya tidak mau diperintah untuk mempelajari ebook walau itu sekedar Introduction Note to Solid State Power Electronics. Hari ini saya tidak mampu membaca untuk belajar, tak lagi mampu untuk mensintesa...hanya sanggup memandangi layar LCD dan mengeja tulisannya. Hari ini gak satupun rumus yang bisa saya cerna dan ingat. Yang kayak gini telah beberapa kali terjadi...dan yang terakhir mulai lagi sekitar dua hari kemarin. Kalaupun ada keberhasilan yang saya dapat itu hanya beberapa:
  1. Atas ijin tuhan (cliche), tadi malam saya bisa memerintahkan diri untuk tidur walaupun saya tidak ngantuk dan mata masih nyalang.
  2. Tadi pagi setelah berkali-kali melamun saat membaca buku saya berhasil memaksa diri saya untuk beberapa kali bermain sudoku di mesin Ubuntu Feisty saya tercinta. Tadinya saya berharap itu akan mampu men-trigger bagian kiri otak saya...tetapi ternyata gagal.
  3. Untuk pertama kalinya saya bisa memaksa diri untuk benar-benar "add new card" di aplikasi jMemorize. Hari-hari sebelumnya saya hanya mampu memaksa diri untuk mencoba-coba saja tanpa ada hasil yang berarti. Saya memasukkan beberapa item yang perlu saya ingat dari introduction note itu. Bahkan sempat membuat beberapa screenshot bakal buat post lain waktu.
  4. Ngeblog.
    Saking jengkelnya dengan kegagalan kendali "pemerintahan lokal" ini saya teringat catatan saya tentang pengendalian diri yang merupakan kutipan dari karya Ryan Russel. Saya baca berulang-ulang seperti mantra...lalu saya bulatkan tekad...lalu saya pelajari "note" itu lagi dan...gak masuk-masuk lagi. Yah, pikir saya, jika yang kiri mogok kerja semoga yang kanan mau "jalan". Lalu saya coba memuat beberapa kutipan dari bab satu buku How to Own a Continent itu di blog. Kali ini seluruh tubuh saya mau bekerja sama.
Begitulah, saya harus--seperti biasa--terus menerus belajar memperbaiki diri, balajar dari kegagalan dan keberhasilan, belajar dari pengalaman orang lain. Saya juga teringat Invictus karya William Ernest Henley. Mudah-mudahan usaha saya berhasil hingga kelak saya bisa menjadi "master of my fate, captain of my soul."


INVICTUS
Out of the night that covers me,
Black as the Pit from pole to pole,
I thank whatever Gods may be
For my unconquerable soul.

In the fell clutch of Circumstance
I have not winced nor cried aloud.
Under the bludgeonings of Chance
My head is bloody, but unbowed.

Beyond this place of wrath and tears
Looms but the Horror of the shade,
And yet the menace of the years
Finds, and shall find me, unafraid.

It matters not how strait the gate,
How charged with punishments the scroll,
I am the master of my fate:
I am the captain of my soul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar