Kamis, 05 Juni 2008

SmallSCAD Lab

Kata orang kemajuan adalah hak tiap manusia dan mengusahakan kemajuan diri adalah kewajiban pribadi tiap individu. Rintangan boleh menghadang dan orang lain boleh coba menghalangi, tapi kehendak yang kuat tidaklah gampang dipadamkan. Cihuuy.

Sejauh perhatian saya, sepertinya sudah perlu suatu wadah tempat saya bebas berekspresi dan berkreasi. Tanpa terlalu banyak birokrasi dan seremoni, tanpa banyak menguras emosi untuk mendengar justifikasi. Dan lebih penting wadah ini membuat saya mampu lebih terarah untuk menerapkan apa yang saya ketahui dan untuk belajar dari respon yang saya terima.

Wadah ini saya namakan SmallSCAD Lab , terinspirasi dari XEROX PARC (sekarang PARC) dan Bell Labs. Bedanya jelas bahwa ini skalanya mikro, dengan sumber daya yang sangat terbatas. Saya mengkhayal ? Jelas ! Sejarah telah penuh dengan catatan pencapaian-pencapaian besar yang dimulai dari khayalan semata. Beda antara khayalan yang tidak pernah terwujud dengan pencapaian besar adalah apakah khayalan itu ditindak-lanjuti. Sekedar mengkhayal , it gets you nowhere !

Dengan SmallSCAD Lab saya berusaha mewujudkan impian sederhana saya dengan cara yang sistematis. Orang bilang step by step, inch by inch. Peta jalan (roadmap) harus dilaksanakan di atas fondasi yang kuat. Tidak seperti meteor dalam pandangan mata kita, terang sekejap lalu menghilang. Atau sesuatu yang cepat berkembang lalu kemudian layu dan mati muda (serupa dengan economic bubble).

Sudah sampai dimanakah kemajuan SmallSCAD Lab ?
Sementara ini masih pada tahap awal, terutama masih berusaha mengumpulkan buku, artikel, data, instrumen dan peralatan . Semuanya dari uang pribadi yang berasal dari gaji bulanan. Nanti mudah-mudahan ada investor yang berminat untuk membantu pengembangan lanjutnya. Selain itu sebagai lone ranger saya wajib belajar sekeras-kerasnya sendiri. Tahap demi tahap dengan tetap menjaga amanat dan tugas utama saya.

Berarti berita ini pepesan kosong ?
Tidak, saya menyadari ini memang agak prematur, belum ada produk yang bisa di-display. Tapi pada saat yang sama saya tidak bisa mengacuhkan begitu saja web presence di zaman seperti ini. Saya beruntung, sampai saat saya menulis post ini di Google saya tidak menemukan kata smallscad. Sementara ini web site untuk SmallSCAD Lab belum dapat dibuat sepatutnya. Masih banyak komitmen saya yang belum tuntas, dan belajar dari evolusi blog ini sendiri saya tidak hendak asal dalam membuatnya.

SmallSCAD Lab

Referensi:
[1] http://www.parc.com/
[2] http://www.bell-labs.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar