Senin, 28 Juli 2008

Lagi,akses Telkom Speedy Samarinda lambat

Di rumah, penyelenggaraan PON membawa berkah yaitu terjaminnya (sementara) pasokan energi listrik oleh PLN. Tetapi agak aneh dengan PT Telkom, ada kabar terdapat penambahan alokasi bandwidth walau tidak jelas benar, yang pasti koneksi internet saya dengan Telkom Speedy kacau lagi. Jangankan mencapai 1 Mbps, sekedar kembali 300 kbps saja susah sekali.

Saya sebenarnya agak males-malesan menghubungi 147, ntar saya dongkol lagi dengan jawaban CSnya. Tapi karena terpaksa, apa boleh buat. Ups saya ternyata salah kali ini, CSnya menjawab dengan sopan dan proporsional dalam menerima komplain saya.

Esok harinya teknisi Telkom "nelpon" dan datang ke rumah, eh cepat benar batin saya. Karena saya seharian sibuk di kantor akhirnya baru esok harinya janjian ketemu di rumah. Pujian juga untuk para teknisi Telkom Speedy untuk kasus yang ini.

Setelah melihat masalahnya dan sebentar berdiskusi, sepertinya hal ini di luar kamampuan (alias wewenang) dari para teknisi Telkom Speedy itu. Dengan asumsi apa yang disampaikannya benar, saya agak kasihan juga. Sampai hari ini masalah belum terselesaikan.

Intinya adalah kecepatan Telkom Speedy jeblok, lambat sekali, bahkan jauh lebih lambat dari sebelumnya. Ini aneh katanya "revitalisasi" kok malah koneksi internet speedy jadi lambat. Yang aneh ada pola yang cukup jelas, bahwa jika mengukur speed / bandwidth dengan server lokal (IIX ?) hasilnya bagus, cepat malah. Tapi jika mengakses dan mengukur kecepatan akses internet dengan server di luar negeri, lambat sekali.

Ada yang menulis bahwa untuk mempercepat akses internet dengan Telkom Speedy sebaiknya menggunakan proxy milik telkom yaitu proxies.telkom.net.id (atau 202.134.0.135) dengan port 8080. Kadang memang bisa, tapi lebih sering servernya down. Dulu malah proxy server itu jika dipakai untuk download payah, putus melulu.

Saya juga sudah mengganti default DNS Telkom dengan opendns (www.opendns.com) yaitu: 208.67.222.222 atau 208.67.220.220. Hasilnya sama saja, gak ngefek blazzz!

Gambar di bawah ini bukti pada saat saya nekat coba download , hebat kan speed-y nya ?

Ini juga sama, hanya saja diukur dengan iftop.

Yang di bawah ini adalah pengukuran kecepatan akses internet Speedy dari web IM2.

Di bawah ini gambar tampilan iftop, pada saat mengakses IM2 (lihat gambar di atas).

Ini hasil dari www.sijiwae.net, wah agak fantastis ya ? Seandainya saja real-nya secepat itu.

Di bawah hasil dari speedtest dengan server di Surabaya.

Di bawah hasil dari speedtest dengan server di Singapura.

Di bawah hasil dari speedtest dengan server di Taiwan.
Di bawah hasil dari speakeasy dengan server di Seattle.

Di bawah hasil dari speakeasy dengan server di New York.

Yang bikin tambah jengkel, walaupun saat melakukan uji kecepatan dengan server lokal hasilnya lumayan bagus. Tapi itu cuma buat test, tidak bisa terlihat [terasa] pada saat pemakaian nyata lainnya [browsing atau downloading]. Bahkan juga pada saat test denga server luar negeri hasilnya lumayan, downloadnya tetap saja lambat.

Saya jadi sempat curiga, karena kalau memang terjadi bottleneck di Telkom Samarinda atau Balikpapan, mengapa kecepatan akses berbeda ? Mengapa akses ke test server di luar negeri sangat lambat, padahal pada saat yang hampir sama akses lokal bagus ? Apakah ini ada kaitannya dengan rencana penurunan tarif langganan Telkom Speedy ?

Jika keadaan koneksi internet Telkom Speedy Samarinda tetap seperti ini, payah. Langganan bisa kabur, dan saya pun juga mulai siap-siap. Sayang uang yang dikeluarkan tiap bulan, kalau memang ada alternatif yang lebih baik. Aneh, mengapa semakin lama koneksi internet Telkom Speedy Samarinda lambat (semakin lambat).

8 komentar:

Anonim mengatakan...

UPDATE:
Lagi, hari ini saya sudah lapor lagi ke 147, sekalian menanyakan apakah ada user yang mengalami hal yang sama di Samarinda. Menurut CS nya sih nggak ada, ah apa benar cuma saya yang terkena masalah "internet lambat" di Samarinda ? Dan seperti biasa, masih akan dibantu dilaporkan. Aduuuuh.

Unknown mengatakan...

Salam kenal
saya di Wil jakarta I kali ya atau Jakarta II telkom nggak tahu deh....saya malah udah telpon ke cs nya, katanya ditampung dulu...padahal speed international nya ke LA pake speednet cuma 20KB sesaat kemudian turun 17KB.....
Dan Begitu DL rapishare max 20KB, tidak stabil turun naik terlalu jauh sampe terendah kadang 5KB.......jengkel bener rasanya.
Padahal saya pake speedy office.....yang katanya diutamakan untuk dapat penambahan bandwidh, sialnya saya termasuk pelanggan yg termasuk didata sudah di upgrade jadi speed 1mbs tsb......komplit .
Yah gitulah mau apa lagi, tinggal take it or leave it.

Anonim mengatakan...

Gak bisa ngomong apa2 deh untung di daerah malang /jatim speedy dah produk g paling bagus yg saya tau ,dan karena kebutuhan saya akan internet mau gak mau betapa buruk nya speedy tetep di pake,cuma berharap akan ada peningkatan ke depan nya

sunu pradana mengatakan...

Thx buat Rina dan Faisal yang dah comment.

Saya juga nunggu ada gak perubahan dalam sebulan ini. Soalnya saya masih berharap ini masalah lokal dan masalah manajemen bandwidth. Bukan soal kebijakan manajeman.Mungkin kebesaran 'nafsu jualan daripada bandwidth'. Klo gak, apa boleh buat sementara pake Starone sambil ngumpulin duit buat HSPDA. Hehehe

Anonim mengatakan...

Mas Sunu, benar apa yg mas tulis.. kebetulan saya jg merasakan... sy berlkali2 mencoba speedtest. dan hasilx seperti itu.. tetapi kenyatan stelah saya mencoba untuk memakai donlot, hasilx sama sekali mengagetkan saya, gak sampai 10 kb/s untuk donlot file sebesar 60mb...
saya merasa sucks bgt dgn keadaan telkom seperti ini..
setelah kejadian itu saya mencoba untuk konfirmasi/pengaduan ke Telkom 147.. berkali2 pengaduan saya ternyata jawaban CS dan teknisi., gak bisa berkata apa2, dan mengatakan bahwa untuk daerah kalimantan(balikpapan, samarinda, tgrg, banjarmasin) keadaanx seperti itu, Bandwithx dikurangin..
dan mereka tdk dpt berbuat apa2, hanya berkata , mau diapa lagi mas, klo mmg gak puas silahkan berpindah ke ISP yg lain,..
Sucks Bgt kan Speedy samarinda...!

klo bisa kita sama2 mcari solusix mas, soalx Klo ISP yg lain jg gak ada Yg menjanjikan...

Klo bisa PM saya Mas, Di alamat
(email & YM : wings05nafkil@yahoo.com)

Kita sebagai pelanggan jadix dirugikan...
Thx b4...

sunu pradana mengatakan...

@ mas wings05nafkil

Mohon maaf sekali, saya baru bisa merespon. Di kantor lagi agak babak belur nih.
Di jalan Juanda saya lihat ada baliho sebuah ISP , tapi saya belum yakin kehandalannya dalam jangka panjang. Sementara ini untuk yang ringan2 saya mengandalkan pake Starone.
Saya nunggu harga layanan HSDPA turn dan coveragenya terjamin di Samarinda.

Anonim mengatakan...

saya setuju apa yang di katakan (wings05nafkil@yahoo.com) parah tu speedy masa CS mengatakan bahwa untuk daerah kalimantan(balikpapan, samarinda, tgrg, banjarmasin. ya rugi dong....sudah bayar mahal yang didapat tidak memuaskan. sy paket paket ofice.. sangat lambat kadang browsing aja tidak mau terbuka. apalagi download sudah asik2 download eh progessnya tidak jalan2..parahh.. ..parahh.. masa sy tanya sm orang speedy katanya sekarang sudah banyak konsumen yang mengambil jalur paket office jadi pengaruh lambat jadinya(jawaban tidak teknis) asal tu teknisinya... telp 147 10x , tidak ditanggapi...kan parah...tapi mau kemana lagi selain ke speedy...apa harus sabar...mohon jika ada pencerahan saya di bagi2 ilmunya.

yacofxp05@yahoo.com
address: samarinda

Anonim mengatakan...

ga ada di indonesia internet mau cepat. kl mau cepat suruh aja provider jgn sebarin promosinya, u pake sendiri aja pasti secepat kilat. dimana semakin banyak pelanggn semakin menurun kecepatan datanya. coba tengok PDAM, semakin banyak pelanggan mengalirkan air semakin kecil pancuran di rumah2 penduduk. karna besarnya pipa di bawah tanah dan semburan dari PDAM sudah mentok mesin pompanya. indonesia belum mampu untuk beli bandwitdh yg cukup besar. mahaal man

Posting Komentar