Rabu, 12 November 2008

Review Telkomsel Flash Samarinda

Tidak bisa dipungkiri untuk soal cakupan (coverage) di kota Samarinda, sepanjang yang saya ketahui, Telkomsel memang masih rajanya. Untuk alasan yang lebih jelas akan saya tulis pada artikel lain.
Singkatnya saya ingin mencoba akses dengan Telkomsel Flash dan karena kartunya prabayar maka pasti yang dipakai adalah yang berbasis waktu. Ini untuk daerah voorvo segiri Samarinda.

Untuk uji kali ini saya menghubungkan Sony Ericsson (soner) K630i yang murah meriah dengan notebook Axioo Ubuntu Intrepid yang juga murah meriah. Modem ada pada /dev/ttyACM0.

Pertama kali mengakses internet halaman apapun yang saya akses akan diarahkan (redirected) ke halaman milik telkomsel yaitu; http://flash.telkomsel.com/id/HalamanUtama.php .



Di sana saya membeli paket 3 jam dengan mengekliknya. Untuk akses berikutnya saya tinggal mengeklik "lanjutkan pemakaian paket Anda". Lalu halaman akan berubah dan menampilkan waktu yang saya pakai (timer), dan tidak untuk ditutup.



Setelah sebelumnya mencoba dengan koneksi bluetooth (rfcomm), maka saya ingin mencoba dengan koneksi kabel usb. Hipotesanya koneksi akan lebih cepat. Ternyata dugaan saya sejauh ini salah, koneksi usbnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal karena koneksi internetnya sendiri lelet (lambat). Untuk hasil metering dari flash.telkomsel.com adalah berikut



Sedang dari www.sijiwae.net didapat 35.2 Kbps (4.3 K Bytes/sec)


Untuk http://www.speakeasy.net/speedtest/ didapat hasil berikut:


Jadi kesimpulan sementaranya jika berdasar hasil tersebut maka tidak ada keunggulan penggunaan kabel usb untuk koneksi selain dari recharging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar