Kamis, 02 April 2009

Kuliah dibantu VNC

Untuk kuliah teori komutasi saya berfikir bahwa mahasiswa akan lebih terbantu jika dapat melihat respon rangkaian real terhadap pensaklaran SCR. Tantangannya adalah karena letak stand modul peralatan untuk demo agak jauh dari proyektor maka perlu koneksi wireless agar tidak semerawut dengan kabel. Lagi pula sudah gak zamannya lagi USB wless cuma buat aircrak :))

Jadilah kuliah pada Senin, minggu yang lalu akhirnya saya "terpaksa" menggunakan fasilitas remote desktop untuk mengajar. Bedanya kalau biasanya GNU/Linux Ubuntu yang jadi client maka kali ini malah jadi server.

Urut-urutan koneksi:

Projector ---cable---> Windows Box ----wireless---> Ubuntu di Axioo ---usb---> webcam

Di PC dengan OS alternatif (maksudnya Microsoft Windows) saya bisa menjalankan CAD/EDA/CAE "komersial yang biasa". Sedangkan di notebook Axioo saya gunakan untuk menjalankan LTSPICE dan camorama. Awalnya saya biasa menggunakan XawTV di Ubuntu, tapi dengan remote desktop tampilannya tidak bisa keluar di layar. Saya belum bisa mengatur agar XawTV beroperasi dengan baik.

Koneksi dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Di GNU/Linux Ubuntu saya menjalankan Vino sebagai server untuk remote desktop. Caranya pilih System > Preferences > Remote Desktop. Di dalam box "Remote Desktop Preferences" saya pilih tab General, lalu di bagian Sharing saya "contreng" Allow other users to view your desktop. Di box itu juga ada keterangan saya bisa mengakses desktop Ubuntu ini dengan aplikasi Vinagre. Tetapi saya memilih untuk menggunakan TightVNC versi Windows.

Setelah selesai mendownload dan menginstall TightVNC di PC berWindows, saya lalu memilih menjalankan TightVNC viewer dalam listen mode. Agar bisa terhubung dengan notebook berUbuntu saya memasukkan IP dari notebook, misalnya 192.168.9.22. Setelah muncul connection established, saya tunggu beberapa saat, lalu di Ubuntu ada notifikasi ada permintaan hubungan.

Demikianlah, saya bisa memberikan kuliah hari itu dengan bantuan tiga aplikasi EDA sekaligus (dua di Ubuntu dengan Wine) dan satu native di M$W. Saya juga bisa menampilkan modul dan display dari dua multimeter sekaligus dengan webcam melalui camorama.

Ref:
[1] http://www.tightvnc.com/
[2] http://www.howtoforge.com/
[3] How do you run Vino ?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar