Senin, 18 Mei 2009

Ngadem di Masjid Gedhe Yogyakarta

Awalnya saudara sepupu saya mengajak saya singgah ke Masjid Gedhe untuk sholat Zuhur. Saat itu panas terik terasa di kepala, wuihhh.



Masjid Gedhe ( Masjid Agung Kauman ) terletak di sebelah barat dari Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jalan Plataran Kauman. Sepintas memang keberadaan masjid tidak gampang terlihat dari Jl. Alun-Alun Utara, tapi jika kita terus ke barat, maka untuk kendaraan roda empat ada tempat untuk parkir di timur masjid. Kalau menggunakan kendaraan roda dua maka kita pergi ke jalan Plataran Kauman, di sana (di sebelah kanan jalan) ada gapura masuk kawasan masjid. Motor bisa dibawa masuk parkir di dalam kawasan masjid, dan memang ada penjaga parkirnya.


Kawasan Masjid Gedhe Yogyakarta cukup luas dan ada beberapa bangunan di kompleks tersebut.




Selain nyaman untuk sholat, Masjid Gedhe nyaman untuk tempat mendinginkan diri. Beberapa kali ke sana, rasanya selalu teduh...angin berhembus...dan sumpah bawaannya ingin tidur. Di tengah suasana panas tengah hari kota Jogja, berhenti sementara, sholat dan berteduh di Masjid Gedhe Kauman sungguh menyenangkan.

4 komentar:

ronny mengatakan...

wow seru juga bisa travelling, ternyata Jogja is Great City.....

Anonim mengatakan...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

nono mengatakan...

asyik mas ngadem......
emang sejuk klo di dalem masjid......
he.....

sunu pradana mengatakan...

Iya, dari kota Jogja yang paling saya rindukan ya ke-adem-an Masjid Angung Kauman ini.

Posting Komentar