Sabtu, 31 Oktober 2009

Laporan awal Ubuntu Karmic HP Mini 1013

Kemarin saya berhasil melakukan fresh install Ubuntu 9.10 Karmic Koala di netbook HP Mini 1013 (seri 110). Saya melakukan booting dari USB drive dengan ekstraksi file ISO Karmic desktop (dengan bantuan Unetbootin). Setelah instalasi hampir semua berjalan lancar kecuali Broadcom wireless driver. Ini celakanya karena saya sedang berada di warnet Wifi yang tidak memiliki kabel LAN. Untungnya saya punya simpanan USB dongle TL-WN322G, tinggal tancap dan langsung berfungsi. Dari sini saya bisa mengakses Administration >> Hardware Drivers untuk melakukan aktivasi driver internal wlan saya. Jadi pesan moralnya untuk instalasi awal HP Mini 1013, IMHO, sebaiknya jangan tanpa ketersediaan kabel LAN atau modul wlan eksternal yang diketahui sudah otomatis terdeteksi oleh kernel pada versi Ubuntu sebelumnya.

Sisanya instalasi berjalan lancar, apalagi modem Smart-Telecom ZTE AC2726 bisa beroperasi lancar di sistem Ubuntu Karmic Koala. Termasuk juga untuk loader Vista pada booting netbook, berhasil tanpa masalah dengan Grub.

Maaf baru sampai di sini saya bisa menulis, berhubung "dikejar" tugas yang belum selesai maka semua screenshots dan setting lain (misalnya wvdial.conf) belum sempat saya kerjakan untuk blog ini. Sekedar memberi semangat untuk rekan-rekan dan testimoni saja dulu. Happy install

2 komentar:

Anonim mengatakan...

minta screenshot install ZTE ac2726

sunu pradana mengatakan...

Bagian dari /etc/wvdial.conf untuk dial smart

[Dialer smart]
Phone = #777
Username =smart
Password =smart
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = USB Modem
Baud = 230400
#Baud = 460800
New PPPD = yes
Modem = /dev/ttyUSB0
ISDN = 0
Auto DNS = 0
Stupid Mode = 1
Auto Reconnect = on

Posting Komentar