Jumat, 29 Oktober 2010

Mengatasi masalah Network Error koneksi Empathy ke Yahoo YM di Ubuntu

Entah mengapa semalam tiba-tba dua akun saya di Yahoo tidak bisa diakses untuk menggunakan YM melalui aplikasi Empathy di mesin Ubuntu. Berdasarkan penjelasan hasil pencarian saya, ternyata tidak ada yang bisa saya lakukan selain menunggu...paling lama 24 jam. Ini terjadi walaupun saya bisa akses penuh lewat web browser, ke email bahkan ke YM versi web. Saya telah mencoba dengan aplikasi lain seperti Kopete dan Pidgin, hasilnya tetap sama.

Pagi ini saya mencoba lagi, tetap gagal dengan pesan " Network Error " bahkan terkesan Empathy sama sekali tidak mencoba untuk mengakses Internet, apalagi mencoba login ke server Yahoo. Akhirnya saya menemukan bahwa hal ini terjadi karena kesalahan ada di sisi client (Empathy). Setelah mencari-cari dan gak ketemu file konfigurasinya ... saya menemukan di Internet cara-cara berikut:

Buka terminal untuk mengetik baris perintah. Akses bisa lewat Accessories -> Terminal. Atau bisa juga dengan menekan Alt+F2 (tombol F2) lalu menuliskan gnome-terminal.

Kalau aplikasi Empathy masih berjalan, matikan dengan cara menuliskan perintah berikut di Terminal:

sudo killall empathy

Lalu matikan dua program lainnya:

sudo killall telepathy-logger 

dan

sudo killall telepathy-haze

Dengan cara di atas, setelah saya me-remove akses akun lama dan membuat akses akun yang baru di Empathy, maka saya bisa dengan normal menggunakan lagi YM melalui Empathy

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar