Rabu, 24 November 2010

Two-way Radio dan HT

Perangkat radio dua arah (two-way radio) adalah perangkat radio yang dapat mengirim dan juga dapat menerima, lazim juga disebut transceiver. Ini berbeda dengan perangkat radio penerima (broadcast receiver) yang hanya menerima siaran dari pemancar. Perangkat radio dua arah tersedia sebagai perangkat pada perangkat stasiun induk, perangkat bergerak di kendaraan maupun perangkat jinjing. Contoh perangkat jingjing adalah telepon selular, yang dapat menerima dan mengirim dalam saat yang bersamaan atau lazim disebut full-duplex.

Perangkat radio dua arah (two-way radio) yang sangat umum ditemui adalah HT. Perangkat komunikasi yang lazim disebut walkie-talkie / Handie Talkie / Handy-Talky (sebutan lebih formalnya adalah Handheld Transceiver) adalah perangkat komunikasi radio genggam dua arah (portable). Ciri khas utama HT pada umumnya adalah adanya tombol P.T.T (push-to-talk) yang dipergunakan untuk melakukan pancaran dan kanalnya yang half-duplex (untuk setiap waktu hanya satu perangkat radio yang harusnya memancar  dan satu atau lebih perangkat lain yang mendengarkan). 

HT (handie talkie) mulai dikembangkan tahun 1938 oleh oleh Al Gross pada saat ia masih bersekolah di sekolah menengah. Al Gross, W8PAL, yang tinggal di Sun City, Arizona, meninggal pada 21 December 2000 pada saat berumur 82. Teknologi ini kemudian berkembang pesat sekitar masa Perang Dunia ke 2 oleh beberapa tim pengembang terutama Motorola. Sekitar tahun 1940 perusahaan cikal bakal Motorola mengembangkan perangkat jinjing punggung yang dinamai "Walkie-Talkie". Motorola kemudian memproduksi perangkat jinjing AM yang lebih kecil dengan nama "Handie-Talkie". Handie Talkie menjadi nama dagang dari Motorola pada tahun 1951. Sekarang kedua nama itu kadang dipertukarkan dalam penggunaannya.

Sebagian HT bekerja hanya pada satu band (single band) misalnya pada 2-meter band (144.000 MHz ke 146.000 MHz atau dari 144.000 MHz ke 148.000 MHz) atau 70-cm band (420 MHz sampai 450 MHz). Sebagian lagi bisa bekerja pada dual-band; 2-meter band dan 70-centimeter band.

Sebagian perangkat HT modern yang relatif murah sekalipun telah dilengkapi fasilitas fungsi squelch seperti CTCSS and DCS. Sehingga jauh lebih mudah untuk memperluas jangkauan dengan menggunakan RPU (repeater).

Contoh-contoh perangkat HT ada di sini.


Referensi:
2. Wikipedia: Two-way radio
3. Wikipedia: Walkie-talkie
5. Wikipedia: 2-meter band
6. Wikipedia: 70-centimeter band
7. Wikipedia: Selective calling
8. Wikipedia: Squelch

Tidak ada komentar:

Posting Komentar