Kamis, 09 Juni 2011

Berpisah sementara

Aktivitas blogging saya sempat mati suri untuk beberapa waktu. Ada banyak aktifitas yang punya prioritas lebih tinggi yang harus ditangani. Informasi yang didapat di Internet dan ide yang berseliweran masih memerlukan waktu dan gerak jemari agar bisa diunggah di blog.

Pertolongan pertama datang dari Posterous.com dam Amplify.com. Keduanya adalah situs Internet yang dapat berfungsi sebagai aggregator. Tiap kali bertemu informasi yang menarik atau berguna di Internet saya bisa mempergunakan keduanya untuk menyimpan informasi itu tidak di dalam sistem komputer saya melainkan di situs saya di Internet.

Amplify.com dilengkapi denga add-on yang bisa ditaruh di browser. Untuk menyimpan melalui Posterous.com saya bisa mempergunakan add-on AddThis atau yang lebih baik yaitu Shareaholic. Terkadang AddThis dan Shareaholic sudah ada di beberapa situs dan siap untuk dipergunakan.

Pertolongan kedua datang dari ScribFire, sebuah add-on yang saya pasang di browser Firefox dan Chrome. Dengan menggunakan ScribeFire saya tidak lagi perlu melalui proses logging ke situs Blogspot yang masih agak lambat.

Dengan semua tools yang saya sebutkan di paragraf sebelum ini, kegiatan blogging bisa dilakukan dengan lebih singkat. Tetapi...kalau dilakukan melalui komputer :-). Semantara itu dengan keterbatasan waktu saya perlu memanfaatkan daya ungkit yang baru, yaitu telepon genggam.

Keterbatasan waktu ini terutama benar bila dibandingkan dengan jumlah dan laju informasi bermanfaat yang beredar di Internet. Yang mengesalkan terkadang informasi itu bisa "hilang" tertimbun sejumlah besar informasi lain. Atau kenyataan yang lebih parah, benar-benar hilang dari server aslinya yang Internet. Saya pernah terpaksa menggunakan hasil tembolok (cache) dari Google dan memformat ulang artikelnya. Google dan Bing biasanya baru bermanfaat membantu kalau kata kunci yang tepat dari informasi yang dicari diketahui :-)

Saya memang agak heran mengapa Google tidak menyebarluaskan aplikasi untuk Blogspot di OS Android. Saya masih harus menggunakan aplikasi dari pihak ke tiga; Blogger-droid dan Blogaway. Entah apakah ini karena Google lebih senang orang meng-update Blog mereka melalui komputer. Barangkali ini berkaitan dengan soal format tampilan iklan mereka :-)

Aplikasi pihak ke tiga untuk Blogspot tidak bisa dikatakan bekerja dengan seamlessly di handset saya yang murah meriah ini. Apalagi kalau dibandingkan dengan aplikasi dari Wordpress dan Tumblr.

Setelah ditunggu beberapa lama dan melalui beberapa kali update akhirnya saya putuskan untuk berpindah platform. Artinya sementara berpisah dulu dengan Blogspot dan beralih ke Wordpress.com.

Inilah dua blog saya yang baru (published):

- sunuvis.wordpress.com (input)

- pikirsa.wordpress.com (output)

Satu blog lagi masih saya buat privat sampai saatnya tiba untuk dibuka :-)

Mengenai mengapa ada beberapa blog yang dibuat, jawabannya adalah jatah cerita lain waktu di pikirsa.wordpress.com

1 komentar:

Chandra B. mengatakan...

kayaknya Android masih susah upload yang macem2. ada kasus yang tipikal yaitu nggak bisa upload video ke youtube meski ukuran file kecil. semoga makin semangat ngeblog ya... =]

Posting Komentar