Kamis, 01 Januari 2015

Aplikasi screenshot di GNU Linux Ubuntu


Ada beberapa perangkat lunak (software) bantu yang memudahkan kita untuk mengambil screenshot, screen-capture atau print screen. Di GNU/Linux (terutama Lubuntu / Ubuntu / Debian) ada beberapa yang menurut saya cukup baik dan mudah untuk dipergunakan.

Ada juga aplikasi yang memudahkan kita untuk memberi watermark pada gambar atau foto. Ini juga memudahkan karena kita tidak perlu menggunakan aplikasi yang lebih berat seperti GIMP :-). 

Untuk melakukan screenshot saya sampai sekarang masih mengandalkan 

1. KSnapshot
Ini adalah aplikasi yang menurut saya paling sesuai untuk keperluan saya sejauh ini. Aplikasi ini memiliki timer untuk menunda saat capture. Ada beberapa pilihan capture, misalnya seluruh layar, kotak maupun pilihan bebas.

Aplikasi ini tersedia di Synaptic Package Manager di Ubuntu.
Situs: https://www.kde.org/applications/graphics/ksnapshot/

2. JShot
Yang saya sukai dari JShot antara lain karena aplikasi ini berbasis Java. Di situsnya terdapat keterangan bahwa minimal kita perlu memiliki insalasi Java Runtime Environment 1.6. di sistem komputer kita.

Dengan aplikasi ini saya bisa lebih cepat untuk melakukan capture. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini saya bisa memberikan anotasi berupa teks (tulisan), panah maupun penanda lainnya pada gambar sebelum saya simpan.

Situs: http://jshot.info/node/11.html

3. Shutter
Untuk saya, keunggulan utama dari aplikasi ini adalah saya bisa memberikan gambar penanda berupa angka secara cepat pada foto atau gambar. Penomoran ini juga mudah dilakukan karena penomoran memiliki fasilitas auto-increment. Setiap kali saya memberi tanda nomor maka penomoran berikutnya akan naik satu nomor secara otomatis.

Shutter juga memilki fasilitas untuk penyensoran seperti pixelize, dan censor. Selain itu juga ada fasilitas standar seperti penambahan teks.

Situs: http://shutter-project.org/


Watermark

Menurut saya sampai saat ini aplikasi yang paling mudah untuk membantu melakukan watermark di lingkungan GNU / Linux Ubuntu adalah JACo Watermark.

Situs: http://jaco-watermark.sourceforge.net/


Semua aplikasi / perangkat lunak (software) tadi membantu saya untuk mengembangkan dokumen perkuliahan, presentasi maupun artikel di blog pikirsa.wordpress.com .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar