Rabu, 12 November 2008

Antara Telkomsel Flash Indosatm2 Broom dan Telkom Speedy Samarinda

Antara Telkomsel Flash Indosatm2 Broom Indosat Starone dan Telkom Speedy di Samarinda sampai hari ini, begitulah judul yang tepat.

Soal Telkom Speedy sudah sering saya tulis, mulai bosan. Hari Minggu kemarin proxynya down seharian, lelet sekali. Tapi harus diakui dibanding dua bulan yang lalu sudah jauh lebih baik, tapi itu pun hanya karena proxynya aktif. Jika tidak, amit-amit, sama dengan telkomnet instant dan jauh di bawah Starone. Sekarang hambatannya hanya untuk akses ke Rapidshare (hampir mutlak gagal) dan ke Depositfile [kadang-kadang gagal], selebihnya OK.
Wuzzz rata-rata 500 kbps , sampai 750 kbps. Lumayan dapat segitu, bisa dimaklumi untuk jarak dan kondisi POTS ke DSLAM. Asyik untuk update Ubuntu Intrepid Ibex Linux.

Telkomsel Flash untuk sinyal (mode syukur dapet) memang paling bagus. Bagus dalam artian pasti ada sinyal berapapun kecilnya dan tidak membuat hp soner K630i murah meriah saya restart terus. Di daerah voorvo segiri bisa pake FLASH, juga di daerah Samarinda Seberang (daerah POLNES). Hanya ya itu leletnya minta ampun. Yang paling lama muncul (sampai hampir hafal) adalah "waiting for flash.telkomsel.com...". Ini lama sekali, entah apa yang pake Flash Unlimited nasibnya sama ? Di tulisan saya sebelumnya sudah saya review dapatnya cuma segitu padahal waktu itu jam tiga pagi ! Sekarang ini paling dapat rata-rata (ini untuk di daerah polnes) di bawah 30 kbps. Jangan-jangan seperti Telkom Speedy, Flash ini sudah oversold !

Indosatm2 broom ini yang paling mantap sebenarnya. Bisa baca RSS sambil browsing di K630i saya. Cuma masalahnya area yang terlingkup sepertinya masih kecil. Di rumah daerah voorvo segiri hp saya restart terus jika menggunakan kartu apapun dari Indosat. Jadi tidak bisa dipakai, kecuali sebentar di depan rumah jika pulang dari jalan, agak aneh memang. Sebab jika dari dalam rumah, lalu keluar rumah lalu menghidupkan hp , tidak bisa dan tetap terus-menerus restart. Di daerah Politeknik Samarinda (polnes), Samarinda Seberang, hp saya hanya dapat sinyal INDOSAT tanpa 3G. Jadi Broom juga tidak bisa berfungsi di sini, cuma memang tidak lagi terus-menerus restart. Entahlah apa ini cuma karena masalah hp saya saja.

Indosat Starone paling bagus baik di voorvo maupun di samarinda seberang. Kadang tembus 20-40 kbps, sama dengan Flash dan jauh lebih baik dari Speedy tanpa proxy. Sayangnya saya pake yang volume base (cocok untuk chatting). Jangan harap untuk buka-buka halaman yang "berat" apalagi untuk download. Dan belajar dari pengalaman dengan speedy, ogah untuk kontrak (berlangganan).

Jadi itulah hasil komparasi sementara ini. Seandainya saja coverage untuk koneksi Broom seluas Telkomsel Flash, ini pasti jadi solusi yang menarik. Unlimited tanpa berlangganan kontrak pula (ini prabayar). Jika ini masalahnya karena saya pake hp Sony Ericsson K630i yang murah meriah maka mungkin buat yang mempertimbangkan untuk beli hp HSDPA atau paling tidak 3G, lebih baik nabung buat beli Nokia sekalian.

Saya mengorbankan gaji untuk Indosat Broom (termasuk gadgetnya), ironisnya ini saya posting dari Telkomsel Flash, urghhhh !

4 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bapak emang berjiwa muda,
slalu timbng mnimbang, jagan terus di korbankan gajinya kn kasihan ...
trims pencerahhnya y pak ...


norman TE (polnes)

sunu pradana mengatakan...

Apa kabarnya mas Norman ?
Dengar-dengar sudah sukses di Balikpapan.
Thx sudah mampir.

Unknown mengatakan...

jadi yg bagus yg mana neh pak??
kalau dipertimbangkan dari segi ekonomis & kec.bandwitch nya kira2 bagus yg mana,im2 / starone..

sunu pradana mengatakan...

Dengan asumsi tempat tinggal anda di Samarinda dan terjangkau oleh layanan 3G atau minimal EDGE Indosat, saya kira IM2 Broom yang sampai sekarang jadi pilihan terbaik. Jangan lupa waktu pertama kali aktivasi minta pilih IM2 Broom yang Unlimited, bukan IM2 Broom Classic. Sekali aktivasi tidak bisa diubah lagi.

Lebih lengkap lihat di sini:
http://www.indosatm2.com/index.php/consumer-solution/internet-services/prepaid/broom

Posting Komentar