Rabu, 12 November 2008

Apakah Sony Ericsson tidak cocok dengan indosat

Awalnya saya mengalami gejala ini pada SE W810i dengan kartu IM3. Sekarang berulang lagi pada soner SE K630i dengan IM3 dan Indosatm2 Broom. Gejalanya adalah bahwa kadang-kadang setelah hp (cell phone) dihidupkan langsung akan restart dan terus menerus begitu. Kadang pula ada jeda beberapa detik sebelum terus menerus restart. Itupun kadang pada saat masih pada indikator Searching dan kadang setelah tulisan INDOSAT muncul.

Awalnya saya menduga ada masalah dengan hp-nya, jadi hp saya uji dengan beberapa kartu simpati. Hasilnya sangat bagus, normal tanpa masalah. Lalu kartu-kartu IM3 saya coba dengan hp Samsung yang tipe lama. Hasilnya pun semuanya bagus, normal.

Saya lalu pergi ke Service Center Sony Ericsson di Mal Lembuswana untuk menanyakan. Petugas di sana menjelaskan (sepertinya dengan hati-hati alias diplomatis) bahwa kadang ada pengguna yang mengalami hal yang sama. Awalnya ia menyarankan untuk mencoba menghubungi Indosat untuk memeriksa kelayakan kartu karena menurutnya kadang SIM card ada yang cacat. Tetapi setelah saya menjelaskan langkah-langkah pengujian saya ia memberikan keterangan bahwa untuk wilayah Samarinda sering terjadi masalah antara hp Sony Ericsson dengan kartu dari Indosat. Petugas itu menekankan masalah itu khusus untuk kota Samarinda saja, sedangkan untuk Bontang, Balikpapan dan Jakarta tidak masalah. Karena itu mereka kesulitan untuk komplain ke pusat mereka di Jakarta. Dari keterangan ini awalnya saya menduga masalah ada di peralatan di BTS milik Indosat. Walaupun petugas itu berkali-kali mengatakan ini bukan salah siapa-siapa, mungkin maksudnya it's just happen that way. Solusi yang ditawarkan adalah update software (firmware) dan perlu satu minggu, itu pun tidak dijamin bisa.

Sayang dengan kartu Indosatm2 yang sudah terlanjur saya beli, saya lalu pergi ke kantor Indosat Samarinda (lupa jalannya, di pinggir sungai mahakam). Karena lama menunggu antrian iseng saya coba kartu broom saya di SE K630i, eh tanpa saya duga kembali bekerja normal. Setelah puas mengakses halaman-halaman web dari K630i saya coba dengan notebook. Eh axioo saya streaming youtube dengan lancar, padahal cuma pake pairing bluetooth.

Pas giliran dilayani saya sampaikan hal ini dari awal sampai akhir. Yang saya simpulkan CSnya mengungkapkan dua hal, yang pertama daerah voorvo memang susah untuk sinyal im2, banyak gunung katanya. Kemudian berdasarkan pengalaman hp soner (sony ericsson) memang agak rewel dengan kartu Indosat. Entahlah yang jelas di kantor Indosat itu kartu im2 broom dengan soner K630i wuzzzz lancar sekali, dan pas pulang ke rumah kumat lagi.

Nah ini jadi bagaimana ? Apakah benar atau tidak karena peralatan Telkomsel banyak yang ericsson maka dukungannya penuh untuk soner ? Jadi apakah masalahnya ada di BTS ? Atau handset / cell phone nya yang firmwarenya cenderung ke peralatan tertentu saja ? Kabarnya yang vendor neutral (bah istilahnya !) adalah Nokia, hmmm jangan-jangan karena itu harga jualnya cenderung jauh lebih mahal, jadi bukan soal trend saja.

Jadi apakah benar handphone Sony Ericsson memang kurang cocok dengan [jaringan GSM] Indosat ?

3 komentar:

Anonim mengatakan...

waduh terima kasih banyak mas atas pencerahannya soalnya saya mengalami hal yang sama

sunu pradana mengatakan...

Trims, mas Andri, saya berhutang banyak sekali pada komunitas FOSS, baru ini yang bisa saya lakukan.
Saya mampir ke web anda, wah bagus, jadi iri...hehehe. Maklum saya bukan orang IT :) .

ladyofsuwana mengatakan...

huhuhu terima kasih ada tulisan ini...
barusan hp SE K530i aku dicoba mengganti sim card im3 yang ada malah hp ku tidak bisa diryalain ketika mau nyalain yg ada kerlap kerlip layarnya dan tidak mau berhenti

besok mau ke call centre SE semoga bisa segera diatasi..
ternyata SE payah banget kalo ketemu indosat

Posting Komentar