Jumat, 14 Agustus 2009

DIKW, sekedar mimpi ?

Sekilas lintas pagi hari, di antara jepitan dan kejaran tugas ....
[hingga diedit lagi]

Data --> Information --> Knowledge --> Wisdom

Suatu waktu terlihat [olehku] informasi perjalanan dari data menuju kebijakan. DIKW model, begitulah lazim dikenalnya menggambarkan perjalanan dari data menjadi informasi, lalu menjadi ilmu pengetahuan lalu di ujungnya menjadi kebijaksanaan. Versi model DIKW yang menempatkan wisdom di akhirnya lebih saya sukai. Manusia masih berbeda dari mesin buatannya karena faktor kebijaksanaan (wisdom) ini.

Seorang yang menempuh perjalanan pendidikan seharusnya menuju wisdom, agar ia semakin menjadi manusia, dan bukannya 'menuju' knowledge apalagi sekedar informasi yang hanya akan menempatkannya bersaing dengan mesin-mesin rakitan rekan-rekan manusianya.

Menjadi bijaksana adalah pelajaran yang hilang di jenjang pendidikan tinggi. Sebagai gantinya pendidikan tinggi (barangkali) menghasilkan operator-operator yang handal. Ahli menghitung dan ahli penggunaan aplikasi mesin komputer, lalu kehilangan makna dari hasil analisanya sendiri.

Sulit mengharapkan pemanusiaan manusia, dan manusia yang paham dari hasil macam ini. Karenanya barangkali pejuang sejati kebaikan manusia bangsa kita akan lebih banyak berasal dari kaum 'tidak terdidik' daripada mereka yang lulusan jenjang S1, S2 bahkan S3. Karena kelompok-kelompok yang terakhir bisa jadi lebih terbiasa sibuk untuk power sharing , berkomplot untuk memperoleh sesuatu, atau bahkan sekedar mengejar target setoran. Lalu sekolah yang tinggi tidak lagi sinonim dengan pendidikan yang tinggi.

Mudah-mudahan saya sangat salah dalam hal ini, sebab jika tidak bagaimana dan di mana lagi saya akan belajar untuk menjadi manusia yang lebih bijak dalam kebenaran ?

Uhhh ... WE LOST THE WOOD FOR THE TREES


1 komentar:

KenalanYuk.com mengatakan...

semoga tak sekedar mimpi...
_______________________________________________________
WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIAA ASLIIII!!! AYOOO GABUNG!!!!

Posting Komentar