Minggu, 27 April 2008

Koneksi internet dengan Telkomsel GPRS, W810i dan Bluetooth

Catatan setting GPRS Telkomsel dengan W810i dan Axioo Notebook Bluetooth:

Ini memang "jadul", ketinggalan kereta terlalu lama... . But then again, saya baru benar-benar perlu sekarang. Konenksi Speedy sih sudah baik dan tetap menjadi pilihan utama. Tetapi saya butuh koneksi internet untuk situasi darurat atau mobile. Mau pake Starone atau Telkomsel Flash gak punya uang untuk beli peralatan baru.

Pada dasarnya yang saya lakukan adalah mengikuti langkah-langkah yang sudah dipublish di halaman web (blog) lain. Hanya ada satu kata yang perlu diganti supaya koneksi internet saya bisa bekerja.

Untuk menghindari 'reinventing the wheel' maka inilah halaman acuan utama:
Karena saya tidak menggunakan tambahan alat berupa 'USB Dongle' maka saya menggunakan acuan dari tekkomerz.wordpress.com. Yang jelas berbeda adalah alamat MAC Address, kemudian kebetulan channel yang saya gunakan untuk DUN adalah 2 bukan 1 seperti yang ada pada contoh. Untuk seting pada /etc/wvdial.conf yang di sana tertulis:
#untuk kartu telkomsel
[Dialer telkomsel]
Modem = /dev/rfcomm0
Baud = 460800
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = at+cgdcont=1,”ip”,”telkomsel”
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99***1#
Username = “wap”
Password = “wap123″
perlu diubah (dalam kasus saya) agar dapat berfungsi. Yang saya ganti hanya kata "telkomsel" menjadi "internet" , lengkapnya sebagai berikut:
#untuk kartu telkomsel
[Dialer telkomsel]
Modem = /dev/rfcomm0
Baud = 460800
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = at+cgdcont=1,"ip","internet"
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99***1#
Username = “wap”
Password = “wap123″
Saya biasanya menggunakan Telkom Speedy (ADSL) dari notebook lewat switch ke modem. Untuk itu saya mematikan interface dari ethernet card internal notebook dengan cara mengetik $ sudo ifdown eth0 , kemudian jika telah selesai menggunakan GPRS (ppp0) saya mengetikkan $ sudo ifup eth0.

Untuk yang menggunakan Bluetooth melalui alat tambahan (USB dongle) misalnya keluaran BlueSoleil (Usb Bluetooth Dongle Billionton, itech atau lainnya) bisa mengikuti arahan pada masjito.web.id .
Untuk yang ingin mempergunakan /etc/chatscripts/gprs dapat melihat di Bluetooth Gprs Di Linux . Untuk setting penyedia jaringan lain lihat hadmokowibowo. Link acuan lain 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 .

Ini screenshot dari terminal pada saat saya menggunakan Telkomsel GPRS:

Klik-kanan (Fifefox: Open Link in New Tab) atau klik-kiri untuk memperbesar gambar.

Jadi setting koneksi internet dengan GPRS atau setting koneksi internet dengan W810i atau setting untuk koneksi internet lewat bluetooth memiliki beberapa persamaan antara variannya. Sekali satu pola ketemu biasanya mudah untuk mencari yang lain.
Yang perlu juga diingat adalah sampai pada saat ini biaya koneksi internet Telkomsel lewat GPRS adalah 12 rupiah per Kbyte. Sekali membaca satu halaman web yang memiliki banyak gambar bisa memakan biaya sebesar empat ribu rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar