Jumat, 11 Juli 2008

Heboh berita TV: Putri Indonesia pake bikini

Lagi suntuk abis 'oplek-oplek', eh di Trans7 ada berita heboh, atau 'dihebohkan' ? Intinya tentang wakil Indonesia yang katanya menggunakan baju renang bikini (two piece).

Saya tidak munafik, saya mengaku masih lelaki normal yang demen sama wanita, apapun profesi saya. Tapi soal sang putri ini saya tidak tahu karena tidak mengikuti runtutan ceritanya...hmmm siapakah dia ?

Oh setelah Googling saya agak kaget karena sumber beritanya tidak terlalu lazim. Tidak seperti yang saya bayangkan untuk sebuah kontes kecantkan , profil [singkat] sang putri bisa dibaca di sini [1]:
Mahasiswa ITS kembali mewujudkan tradisi juaranya. Putri Raemawasti, mahasiswa Teknik Industri ITS yang menjadi duta Jawa Timur pada Puteri Indonesia 2007 terpilih menjadi Puteri Indonesia 2007. ...

Tak puas sampai di situ saya menemukan juga [2]:

... Sebelum menuju fakultas tempat Putri menuntut ilmu, Putri bersama rombongan diterima Rektor ITS Surabaya, Prof Ir Priyo Suprobo, MS, PhD beserta jajarannya di ruang kerja rektor. Sang rektor mengaku bangga karena ada mahasiswinya yang terpilih menjadi Puteri Indonesia 2007.

"Kami bangga dengan jawaban-jawaban spontan, singkat, dan cerdas Putri. Tentunya saya pun merasa bangga ada mahasiswi kita bisa menjadi Puteri Indonesia 2007, karena di dalam penilaian itu bukan saja beauty, ehaviour, tapi ada brain. Kalau masalah beauty, maaf di ITS mungkin banyak yang cantik-cantik," tandas Rektor. ...

Lalu mana berita hebohnya ? Oh ya saya dapat dari sini [3]:
Aksi mengejutkan dijalani oleh Puteri Indonesia 2008, yaitu Putri Raemawasti, di ajang pemilihan Ratu Sejagat (Miss Universe) 2008. Di babak presentasi awal yang diadakan Selasa (8/7) pagi, wakil Indonesia itu tampil di atas panggung dengan mengernakan bikini (two pieces), yaitu baju renang dua helai yang hanya terdiri dari bra dan celana dalam.
...
Padahal, sebelum berangkat ke Vietnam (tempat kontes Miss Universe 2008) akhir Juni lalu, Putri telah memutuskan akan mengenakan baju renang (swimsuit) model one piece. "Saya mengenakan one piece," kata Putri saat ditanya tentang kesiapannya di Taman Sari Royal Haritage Spa, Jalan Wahid Hasim, Jakarta Pusat, pada 9 Juni lalu.

Apalagi, panitia Miss Universe 2008 memberi keringanan bagi negara yang tidak mengizinkan penwakilannya mengenakan pakaian renang terlalu seksi.Panitia memberi pilihan pakaian model one piece, yang membalut dari mulai dada ke bawah, tanpa ada bagian terputus di wilayah perut. ...
Oh itu toh pemicu kehebohannya. Tapi yang namanya berita ya cuma berita. Fakta harus diungkap dari banyak pihak dan dari banyak sisi. Kita tunggu saja perkembangan berita berikutnya. Sebagai lelaki "pecinta" wanita cantik dan menarik saya tidak berani berkomentar banyak. Takut "penyakit munafik" saya bertambah menjadi-jadi. Dan nantinya saya bisa menjadi tokoh baru dalam jagad persilatan kemunafikan yang sudah sangat penuh sesak.

Buat saya ini bukan soal moralitas apalagi soal agama. Sebagai WNI pemegang KTP Indonesia saya tidak merasa terwakili oleh sang putri. Mungkin ada banyak WNI lain yang merasa terwakili. Saya malah lebih merasa terwakili oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS-ITS) yang akan mewakili Indonesia di kontes ABU ROBOCON 2008 di Pune India. Juga dengan tim binaan Prof. Yohanes Surya Ph. D yang rutin mewakili Indonesia di Olimpiade Fisika Internasional.

Saya hanya tertarik menjadikannya sebagai bahan pemikiran saya tentang pengaruh pendidikan pada manusia (khususnya pada diri saya sendiri). Juga tentang pertanyaan apakah memang ada bedanya antara pendidikan dan pelatihan.

Referensi:
[1] http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=3875
[2] suarapembaruan.com
[3] http://entertainment.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar