Selasa, 23 November 2010

Jenis perangkat komunikasi radio berdasarkan penempatan

Dalam dunia komunikasi radio biasanya ada beberapa istilah yang dipergunakan tentang perangkat radio. Dengan kemajuan miniaturisasi komponen elektronika maka sekarang umumnya perangkat komunikasi radio berukuran jauh lebih kecil. Karenanya penggolongannya hanya berdasar atas fungsi penggunaan atau sifat mobilitas operasionalnya.


Base station: Adalah perangkat yang ditempatkan di suatu tempat tertentu, misalnya di kantor pusat, rumah, atau gedung lainnya.
Base station (Dari brosur Icom IC-706MKIIG).

Field station: Adalah perangkat yang ditempatkan di kemah atau POSKO dalam kegiatan ruang terbuka / alam bebas. Stasiun ini biasanya bersifat sementara atau tidak tetap.
Fiekd station (Dari brosur Icom IC-706MKIIG).

Mobile station: Adalah perangkat yang ditempatkan di suatu sarana bergerak misalnya kendaraan roda empat.
Mobile station (Dari brosur Icom IC-706MKIIG).

Portable station / Handheld: Adalah perangkat yang biasanya dibawa langsung oleh oleh individu.
Portable station (Alinco DJ-G7T/E).

Dahulu base station selalu menggunakan perangkat yang ukurannya terbesar dan berbobot terberat. Sejak beberapa waktu lalu ada beberapa perangkat yang memiliki kemampuan untuk base, mobile maupun portable. Contohnya adalah:





Disclaimer: Penulis tidak memiliki niat atau tujuan sedikitpun untuk mempromosikan produk apapun, dan tidak memiliki afiliasi dalam bentuk apapun. Tulisan ini semata-mata untuk kepentingan informasi pembaca. Penampilan merk produk tidak bisa dihindari karena faktor penghormatan terhadap hak cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar