Senin, 23 Mei 2011

Hasil baik dari kemalasan dan ketidakpuasan

FB note by Sunu Pradana on Wednesday, January 12, 2011 at 1:16pm

Note berikut sekedar sebagai penyeimbang :-)

 

Ada baiknya dimulai dari kutipan penuh dari sebuah buku :

..."Renungkanlah. Orang pertama yang berpikir untuk memasang layar adalah dia yang tidak ingin susah payah mendayung. Orang yang pertama kali memasangkan bajak di pundak sapi adalah orang yang tidak ingin memeras keringat dengan mencangkul. Siapapun yang memanfaatkan air terjun untuk menggiling gabah adalah dia yang benci harus menumbuk padi dengan alu." ...

 

Fair Use: Dari buku Malas Tapi Sukses, terjemahan tulisan Fred Gratzon. Diterbitkan oleh Penerbit Gemilang April 2010.

 

Apa saja produk dari kemalasan dan/atau ketidakpuasan yang kita pergunakan ?

+ Telephone

Orang tidak puas hanya mendapatkan informasi dengan menterjemahkan kode morse, orang ingin mendengar suara lawan bicara. Orang malas menghafal kode morse (bahkan sampai sekarang ujian kirim&terima dgn kode morse untuk operator radio adalah momok), malas untuk pergi ke kantor telegraph.

 

+ Gagang Telephone berkabel panjang dan Wireless Telephone.

Orang tidak puas untuk dibatasi aktivitasnya hanya menerima telephone, sebagian ingin bercakap-cakap sambil menyiapkan sarapan pagi misalnya. Orang malas untuk pergi ke tempat telepon kabel diletakkan dalam ruang/rumah. Orang lebih memilih untuk membawa wireless phone kemanapun di dalam rumah.

 

+ Handphone/cellphone

Orang tidak puas hanya bisa berbicara dengan mendatangi tempat fixed phone berada. Orang ingin puas berbicara di manapun kapanpun. Orang yang sedang malas berbicara ingin mengirim informasi dengan text (sms).

 

+ Komputer Desktop

Para engineer malas untuk mengganti tabung triode atau sejenisnya yang gampang putus pada komputer generasi pertama. Orang tidak puas dengan ukuran yang besar dan konsumsi daya energi listrik yang tinggi dari komputer generasi awal. Orang tidak puas bekerja berbagi satu server melalui beberapa terminal. Orang malas pergi ke ruang server untuk mengambil dan menyimpan data.

 

+ Laptop

Orang tidak puas hanya dapat menggunakan komputer meja (desktop), mereka ingin bisa membawa komputer ke banyak tempat yang mereka tuju. Orang malas memindah-mindahkan dan membawa komputer desktop yang relatif berat dan harus terhubung ke jala-jala listrik (entah langsung atau melalui alat semacam UPS) atau menggunakan accu dengan inverter.

 

+ Netbook

Orang tidak puas dengan ukuran laptop yang relatif masih dianggap besar dan berat untuk banyak kebutuhan pengguna. Hal ini seiring dengan kemajuan zaman dimana kebutuhan komputasi personal meningkat seiring dengan lebih banyak aspek kehidupan personal manusia yang menggunakan komputer. Orang tidak puas dengan daya tahan baterai laptop yang awalnya singkat (sekarang ada yang sudah mencapai 8 jam lebih) , hal ini berkaitan dengan kebutuhan sistem elektronik komputasi. Lahirlah generasi semacam Intel Atom untuk aplikasi komutasi yang relatif ringan bagi personal computing. Orang malas membawa laptop dan malas membawa (plus mengganti) baterai tambahan.

 

+ Tablet

Masih kurang puas dengan volume dan berat Netbook orang mencari sesuatu yang lebih ringkas. Everywhere everytime personal computing is increasing.  Malas membawa papan kunci alias keyboard, buang. Gantikan dengan touchscreen.

 

+ WiFi

Tidak puas dengan jankauan dan biaya set up jaringan komputer berbasis kabel. Malas menangani keruwetan pengaturan awal dan pemeliharaan jaringan kabel.

 

+Pemanas / pendingin ruangan

TIdak puas dengan suhu dan kelembaban yang ada. Malas untuk mencari kayu bakar :-)

 

+ TV Remote Control

Monumen besar dan telak dari ketidak puasan dan kemalasan, need I say more ?

-------------------

Menuju pencapaian untuk semakin efektif, semakin efisien. Meskipin kadang hanya dari beberapa sisi dan dengan pengorbanan di sisi lainnya. In engineering we used to call it TRADE-OFF :-)

 

Izinkan note ini diakhiri dengan kutipan dari Thomas Alva Edison:

"Discontent is the first necessity of progress."

"Ketidak puasan adalah syarat pertama dari kemajuan"

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar